My Photo
Name:
Location: jakarta, Indonesia

pure wanderer

Sunday, June 08, 2008

kopi bubuk Nefo, khas Jambi

Di pameran kebudayaan Indonesia di JCC sabtu kemaren, saya menemukan kopi ini di stand makanan dan minuman khas Jambi. Selain membeli teh, saya juga beli kemasan kecil kopi bubuk khas Jambi. Warna packaging-nya lucu, klasik, mirip merk rokok kudus jaman dulu. AAA. Saya gak tau persis apakah kopi ini sudah lama atau baru saja datang dari si pengemasnya. Tapi saya akan coba di rumah, diseduh ala tubruk.

Begitu kemasan dibuka, aroma chocolaty langsung menyebar. Enak banget.Lalu bubuknya, warnanya hitam pekat, menyisakan sekali warna coklat. Ketahuan kalo biji kopinya digoreng sampai gosong.Tekstur bubuknya terasa sangat halus, mungkin digiling sampai mencapai titk lebih dari fine. Hati-hati saat menghirupnya, ampasnya bisa ikut masuk ke tenggorokan!

Saat diseduh aroma chocolate hilang, berganti dengan wangi animal-like (aroma binatang) yang wajar sekali ditemukan di beberapa kopi Indonesia. Santai, aroma seperti ini juga akan surut jika kopinya dibiarkan sampai hangat.

Dari rasa, ketahuan sekali jika bijinya memang diroasting sampai gosong,rasa pahitnya gak mau ilang saat aftertaste, merata di tengah lidah. Subjektif nih ya, saya gak suka apapun yang digoreng sampai gosong. Tapi itulah ciri kopi UKM tradisional dari daerah, orang berpikiran semakin gosong semakin mantap, semakin mudah untuk digerus, dan disajikan dengan warna hitam pekat.

2 Comments:

Blogger Waroeng Kopi To Bone said...

Terima kasih sebelumnya..
dimana saya bisa dapatkan kopi bubuk nefo..?

6:09 AM  
Blogger Kopi Jambi AAA said...

Selamat Sore, kami menyediakan kopi hitam nikmat dari Jambi. Silahkan disimak.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10143134

12:42 AM  

Post a Comment

<< Home